Kelebihan dan Kekurangan Peralatan Makan Berbahan Melamine

Kelebihan dan Kekurangan Peralatan Makan Berbahan Melamine - Peralatan makan dengan bahan melamin adalah salah satu tren yang sedang happening di market tableware dunia. Melamin dianggap memiliki banyak kelebihan dibanding material-material lainnya pada peralatan makan. Oleh karena itu penggunaannya pun tidak hanya terbatas di rumah-rumah saja, melainkan juga dipakai untuk peralatan makan di restoran-restoran.



Fitur tahan banting dari peralatan melamin menjadikannya sangat dicintai oleh ibu-ibu di seluruh dunia. Namun terlepas dari itu semua, apakah peralatan melamin sudah sepenuhnya aman? Apakah sudah 100% menjawab semua kebutuhan banyak orang diseluruh dunia?

Berikut ini kelebihan dan kekurangan peralatan makan melamin berikut ini.

Apa Itu Peralatan Makan Melamin?
Peralatan makan melamin terbuat dari formula yang disebut dengan melamin resin. Apa itu melamin resin? Melamin resin dibuat dengan menggunakan kombinasi dari senyawa organik dengan melatline yang dipanaskan dan ditekan dengan kadar tertentu.

Formula melamin resin tersebut kemudian dimasukan dalam sebuah cetakan sehingga tercipta peralatan-peralatan makan seperti piring, mangkuk, gelas dan lain-lain. Formula tersebut menjadikan peralatan makan melamin menjadi tahan panas, tahan api dan tidak mudah pecah.


Kelebihan Peralatan Makan Melamin

Sangat Kuat
Peralatan makan melamin terbuat dari formula melamin resin yang sangat kuat. Karena faktor tersebut, peralatan makan melamin memiliki fitur antipecah. Berbeda dengan peralatan makan yang terbuat dari porselen ataupun kaca, melamin memiliki fitur  antipecah sehingga sangat cocok untuk peralatan makan.

Karena fitur spesialnya tersebut, peralatan makan melamin sering digunakan untuk aktivitas makan dinamis seperti di restoran dan penjaja makanan fastfood. Selain itu peralatan makan melamin juga anti gores, jadi tak perlu khawatir jika anak Anda sering menggores-goreskan garpu diatas permukaan piring.

Hemat dan Murah
Karena memiliki karakter yang kuat, peralatan makan melamin sangat tahan lama dan mommy tidak perlu menggantinya secara berkala. Berbeda dengan peralatan makan yang terbuat dari keramik ataupun yang lainnya, peralatan makan melamin tidak mudah rusak sehingga menjadi solusi hemat bagi keluarga. Selain itu dibanding keramik atau porselen, peralatan makan melamin juga relatif lebih murah.

Kaya Akan Desain
Anda tidak perlu membeli peralatan makan porselen yang relatif mahal, karena banyak pabrikan tableware yang sudah memproduksi peralatan makan melamin dengan desain keramik. Aksen keramik pada melamin menjadikannya sangat catchy dan artistik. Selain itu biasanya peralatan makan melamin juga tersedia dengan berbagai pilihan warna yang sangat lucu dan menggemaskan.


Kekurangan Peralatan Makan Melamin

Terdapat Kandungan Racun
Kandungan kimia pada peralatan makan melamin bisa muncul jika terkena panas yang tinggi. Kandungan kimia tersebut bisa menjadi beracun jika masuk kedalam tubuh. Untuk itu Anda harus memastikan untuk menjauhkan sumber-sumber panas dari peralatan makan melamin. Dan jangan pernah memasukan peralatan makan melamin kedalam microwave atau oven!

Bisa Pecah
Meskipun dikenal sebagai material anti pecah, namun banyak kasus yang menunjukan bahwa peralatan makan melamin juga bisa tergores ataupun terkena noda. Namun banyak produsen melamin dewasa ini yang semakin meningkatkan mutu produk peralatan melaminnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan peralatan makan melamin yang bisa mommy manfaatkan sebelum membelinya di toko-toko tableware. Peralatan makan melamin pada dasarnya merupakan solusi tepat bagi mereka yang menginginkan peralatan makan yang ideal. Selain kuat, peralatan makan melamin juga memiliki karakter yang sangat unik dan menarik. 

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Peralatan Makan Berbahan Melamine"

Post a Comment

Beri komemtar yang relevan dengan konten

Baca dulu artikelnya, baru komentar yaaa ^^

no link :)